Friday, October 03, 2008

The Power of Mudik Lebaran

Saya dapet pengalaman yang keren anget waktu pejalanan pulang saya dari Tn ke palembang.

Waktu itu udah sore. Skitar pukul 4.00 tgl 27 September. Cuaca yg panas dan gerah kayaknya ngebuat orang2 di waiting room menuju ke palembang pada ga serame biasanya....kebanyakan cuma diem, baca koran, ato malah ngeliatin orang yang lagi pada lalu lalng. Lagi puasa kali ya...makanyapada lemes. Cuma ada beberpa anak kecil aja yang masih smangad maen2.

Pengalaman keren baru berasa pas saya mau naek ke pesawat. Begitu udah ada call dari petugas bandara, muka2 kusut penumpang langsung pada seger semua dan berebut buat naek pesawat. Pada keloiatan banget napsu bergairah mau mudik ke kampung halaman. Yaaa...paling cuma ada beberapa glintir org yg sok gengsi buat desek2an...

sekitar 1 jam kmudian, pesawat pun landing di bandara sultan Mahmud Badaruddin II. begitu pramugari ngasih pengumuman kalo dah nyampe....wuah...suasana pesawat langsung riuh....
pramugari: para penumpang yang terhormat, kita telah tiba di bandara SUltan Mahmud Badaruddin II, tidak ada perbedaan waktu antara.....
bapak di sebelah kanan saya: Alhamdulillah ya Allah...
mas2 di sbelah kiri saya: Alhamdulillah...halo bu? Saya udah nyampe di palembang...akhirnya saya bisa lebaran di sini...(sambil nelpon)
mbak2 di depan saya: nak, kita jadi lebaran di rumah nenek....(sambil nggendong anaknya)
bapak di kanan saya(ngomong lagi): Maaf lahir bathin ya mbak...
dan selanjutnya ucapan mohon maaf lahir bathin kedengeran di seantero pesawat.

See? Saya ngeliat sesuatu yang indah dari pemandangan sederhana disana. Kalian bisa lihat? Ato nggak?
Yep..based on my eyes...tuh pemandangan sekarang udah langka bgt...dimana orang yang saling ga kenal tiba2 bersukaria karena satu hal yang sama....
yaa...sering sih saya liat itu,,,tapi cma rekayasa di TV di iklan2 rokok yang durasinya lama banget itu...
apalagi di kota2 besar, dimana setiap orang udah sebodo amat sama orang lain...

Sekarang the power of mudik lebaran harusnya jangan cuma dinikmati oleh yang muslim saja....yang non juga sebetulnya bisa ikut memanfaatkan tradisi unik negara kita ini....
buat apa? Ya buat mempererat tali persaudaraan, persatuan, dan kesatuan..

Jadi, sebenarnya kita ga butuh uang banayk, kampanye besar plus penyanyi dangdut, atau pejabat yang banyak duit untuk mempersatukan masyarakat indonesia.
Kita cuma butuh melestarikan yang satu ini.
STUJU?!

No comments:

Post a Comment

Feel free to put on your thoughts about my writings :)