Wednesday, September 09, 2009

Kabut Asap Kian Tebal, Warga Palembang Diimbau Tak Keluar Rumah

Palembang - Warga Palembang dan sekitarnya diimbau tidak banyak beraktivitas di luar rumah. Hal ini seiring kian tebalnya kabut asap yang menyelimuti kota tersebut. Ketebalan asap kabut dikhawatirkan akan berdampak gangguan pernafasan dan tenggorokan.

"Pemerintah provinsi dan pusat akan memberikan fasilitas bantuan," kata Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin di kantornya, Jalan Kapten A. Rivai Palembang, Selasa (08/09/2009)..

Alex menambahkan, untuk mengantisipasi kabut asap ini, dia meminta bupati dan walikota untuk aktif terjun ke lapangan. Para pejabat itu diharapkan memantau pembakaran hutan di daerah masing-masing.

Kepala daerah san stafnya itu juga diminta terus melakukan penyuluhan kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan perkebunan dengan cara membakar. Termasuk juga tidak sembarangan membuang puntung rokok ke semak belukar yang berpotensi kebakaran hutan.

"Untuk bagi yang sengaja membakar hutan, tentu ada sanksinya," tegas Alex.

Untuk menjaga kesehatan, Alex mengimbau kepada masyarakat untuk membatasi kegiatan di luar rumah. "Kalau memang tidak ada kegiatan penting-penting banget, lebih baik berdiam di rumah agar warga tidak terllau sering terhirup kabut asap," katanya.

No comments:

Post a Comment

Feel free to put on your thoughts about my writings :)