Friday, September 25, 2009

Bathroom Inspiration

Saya paling suka mandi. Kenapa? Karena kalo pas mandi, saya bakal diem, dan lama-kelamaan saya jadi merenung (bukan melamun!)…Ngerenungin apa? Apa aja, mulai dari hal-hal sederhana, seperti sebelum mandi ini apa aja yang udah saya lakukan, hingga hal-hal yang kompleks, kayak gimana caranya ngusir Freeport dari Indonesia.

Ga jarang juga saya suka memikirkan tentang diri saya. Kamar mandi saya emang oke banget deh, ada kaca guedhe sedege badan orang. Alhasil, biasanya sebelum mandi, saya suka lama ngaca2 dulu…dan dalam kondisi ngaca inilah saya sering menemukan inspirasi, intuisi, atau bahkan nasihat yang dilontarkan oleh kepala saya sendiri.

Hari ini contohnya, pas ngaca, dan mandi, saya mikir, kenapa ya, saya kok terlahir ga pinter2 amat, ga cantik2 amat, ga tajir2 amat..pokoknya ordinary person banget lah…dan saya juga mikir..ini badan kenapa ga kurus2 ya? Ini muka kok ya jerawatan mulu ya? Dan tau ga sih, sedetik kemudian saya udah dapet wise word yang baguuus banget, dari kepala saya sendiri…
“daripada menyesal meratapi semua kekurangan, akan lebih baik kalau kamu berusaha menyingkap semua kelebihanmu dan mengembangkannya”

Saya amazed banget..betapa kamar mandi sangat memberikan inspirasi yang sangat berguna.

Manusia memang ga bakal pernah puas dengan apa yang mereka miliki. Rumput tetangga selalu lebih hijau daripada rumput di halaman sendiri. Selaluuu aja ada yang kurang. Contoh nyata ya saya ini, saya sirik kalo ada cewek cantik lewat, karena saya merasa saya ga cantik, saya kesel kalo nilai kuis saya kebalap sama temen saya, saya suka sebel kalo liat temen2 saya yang hedon pada hepi2 hebring2 tanpa harus mikirin berapa pengeluaran mereka tiap hari. Sadar atau tidak, orang akan ‘meratapi’ kekurangannya, dan secara otomatis mereka akan mencari-cari berbagai cara untuk menutupi setiap kekurangannya.

Saya (dan saya yakin cewe2 di seluruh Indonesia juga begini) yang sirik liat iklan cewe cantik di iklan yang jinglenya “wajahmu mengalihkan duniaku” itu bakal berlomba-lomba untuk ngebuat muka jadi putih mulus kayak di iklan. Kalo yang udah stadium parah ya, mereka (baca: cewe2) bakal rela ngeluarin kocek dalam2 buat ke dokter kulit, pake pemutih yang mahal, blabla…

See? Kalo masalah nutupin kekurangan dengan cara yang wajar, seperti sekedar lebih rajin cuci muka, biar ga jerawatan, itu mah oke2 aja. Bagus malah…tapi kalo udah ampe ‘meratap’, yakni dengan rela ngeluarin uang buanyak, yang harusnya bisa dipake untuk hal lain yang lebih worth it, itu udah salah banget.

Dan saya pun sekarang memegang teguh inspirasi kamar mandi ini…saya mikir….apa ya kelebihan saya? Saya pun ngaca lagi..kalo masalah fisik, jelas banget, saya ga seperti fotomodel 170 cm…maka saya melihat dari yang tak terlihat..
Hmm…kata orang2 saya jago berdebat..katanya kalo saya udah mulai ngedebat orang, muka saya yang kesannya pendiem langsung kliatan galaknya, dan orang2 yang didebat ama saya biasanya pada mingkem…hahahaa..oke oke..ditampung.
Lanjut lagi, kata teman2 saya, saya itu konkret, logis, dan ‘bold’. Hmm..yang ini saya akuin emang..saya itu paling ga bisa jadi orang lain..saya bakal selalu jadi diri saya dimanapun saya berada…oke okeh..ditampung lagi..

Apa lagi kelebihan saya? Hmm…sulit lho nemuin kelebihan…
Kalo saya tanya, apa kelebihan kamu? Mungkin untuk menemukan 10 kelebihan, kamu harus memutar otak berkali-kali…atau mungkin kamu butuh nanya orang lain utnuk Bantu kamu. Bakal lebih gampang nemuin kekurangan diri daripada nyari kelebihan diri (itu kalo kamu normal, ga narsis). Tapi, satu hal yang harus kamu tekankan adalah, kamu harus percaya diri. Kalo menurut kamu, kamu memiliki talenta di satu bidang, terusin aja..ga usah sibuk nyari supporter untuk ngedukung kamu. Daaan, kalaupun kamu udah butek muter2 nyari kelebihan, dan Cuma nemu satu, maka eksplorlah sebisa mungkin satu kelebihan itu dengan segala stok kapasitas percaya diri kamu.

Udah..mulai sekarang ga usah sibuk mikirin, aduh, aku gini..atau aduh, aku gitu…
Pikirin aja gimana caranya kamu mengeksplor seluruh talenta yang kamu punya. Yakin deh, setiap orang itu akan punya ‘code’ tersendiri di masyarakat. Okelah kamu nggak terkode sebagai orang yang cantik, jenius, atau apa deh..Tapi percaya apa kata saya, suatu saat dunia bakal mengkode kamu sebagai ‘sesuatu’, yakni talenta kamu sendiri.

Ready to change? Ayo dong..semangaat! Saya aja semangat, kenapa kamu enggak?!

Nb: sumpah, saya ga lagi nulis di kamar mandi lho..

No comments:

Post a Comment

Feel free to put on your thoughts about my writings :)