Friday, August 02, 2013

Membuat Surat Bebas Narkoba

Jadi, karena kepentingan untuk melamar pekerjaan di suatu BUMN, saya harus membuat surat keterangan bebas narkoba. Saya pun  tanya kanan kiri depan belakang tentang gimana caranya buat surat itu. Dulu, duluuu sekali waktu jaman SMP, saya juga udah pernah bikin surat semacam ini, buat tes masuk TN. Tapi memori saya tentang administratif pengurusannya entah kenapa hilang lang lang! mungkin karena dulu semua udah diurusin sama Papa kali ya, jadi saya tinggal ikutin dokter aja diperiksa ini itu anu.

Akhirnya saya tahu, kalau mau ngurus surat keterangan bebas narkoba itu lokasinya di Polwiltabes / Kantor Kepolisian Pusat di Povinsi. Kalo di Bandung, lokasinya di seberangnya gereja katedral...di jalan Jawa. Begitu saya masuk ke poliklinik tempat membuat surat, saya bertemu dengan seorang dokter. Beginilah kira-kira percakapannya.
Dokter (D): Ya ada apa?
Saya (S): mau bikin surat bebas narkoba, Dok. Bisa?
D: oh bisa, tapi syarat2 nya udah dibawa?
S: hah, syarat apa dok?
D: pas foto 4x6, fotokopi ktp, dan....uang administrasi Rp 150.000,00
S: (masih polos) oh saya bawa dok. (untung aja kebiasaan bawa pas foto dan fotokopi KTP kemana2, jadi aman. Tentang duit, untung baru ambil di ATM, niatnya sih buat makan....)
D: oh bentar ya....
trus si dokter manggil2 seorang wanita yang berbaju polisi. Dari yang saya liat, mbak2 cantik berbaju polisi itu ga mungkin dokter, ga mungkin pernah pendidikan jadi perawat, ataupun pendidikan profesional untuk kesehatan lainnya. Kenapa? Nanti prediksi saya terbukti di bawah.

Syarat-syarat administratif itu lalu saya berikan ke mbak polisi. Saya kemudian diberi tabung untuk wadah urine.
S: Toiletnya dimana bu?
Mbak polisi (P): oh di luar ada
whaaat? poliklinik kepolisian tingkat provinsi ga punya toilet sendiri?
saya pun keluar dan setelah nanya-nanya sama orang di luar 'toilet dimana?', saya nemu plang "toilet umum" yang lokasinya nyempil di belakang sebuah warung.
emang polisi se-nggak ada duit itu ya buat instalasi toilet gratis buat masyarakat yg dtg? sampe mesti nyari objekan bikin toilet umum?
kesabaran saya masih dalam batas.

Setelah dari toilet dan menyerahkan sampel urine ke mbak polisi, saya pun ditensi. Nah dari sini saya bisa lihat kalau si mbak polisi ini kayanya cuma seorang mbak polisi biasa yang di training singkat oleh dokternya biar bisa tensi. Mungkin krn masih amatir, keliatan banget kikuknya saat pasang dan ngukur tensi saya. Tapi ya udahlah. Masih bisa sabar.

Ternyata surat itu baru akan selesai dalam 2 hari. Pas pulang, saya baru nyadar....biasanya kan kalo ada biaya administratif, bukti administratif nya juga harus ada dong. ya ga sih? misal kamu cetak foto, transfer duit, beli makan di mcd, atau pijet di spa, pasti ada bon/struk nya kan? kalo belanja di warung yg cuma 10 ribuan mungkin ga masalah, tapi ini 150000 loh! ga kecil....dan knapa ga ada kuitansi atau apa ya? emang se-nggak ada duit itu ya polisi sampe beli kuitansi aja ga bisa...

2 hari kemudian saya datang ke kantor yang sama. Kali ini sama pacar saya.
S: Bu, surat saya udah jadi? atas nama Rinna
P: Oh udah nih. Mau dilegalisir? Kalo iya, fotokopi dulu di depan. baru ntar dicap disini.
S: oke bu.
saya pergi ke tukang fotokopian di luar (lagi2 di luar! apa mahalnya sih invest dan maintenance printer-scanner-copier dan kertas di dalam poliklinik?). Dan, asal kalian tau...jangan pernah fotokopi di tukang fotokopi dalam daerah polwiltabes! masa 1 lembar 500? di kampus saya, 500 bisa buat 5 lembar. Omaigat!!

Ketabahan saya akan bayar ini itu anu udah mulai habis. Pas saya menyerahkan fotokopian buat di cap, saya langsung nanya frontal.
S: bu, ini saya ngecap-ngecap nanti kena bayar lagi ga?
P: oh engga kok dek (sambil senyamsenyum)
S: oh bagus deh bu, soalnya disini apa-apa bayar, trus mahal ga kira-kira lagi. (sambil ngeloyor ke bangku yang disediakan).

Finally, surat saya beres. Fiiuuh. Rasanya ga pengen berurusan di sana lagi. Begitu banyak kritik dan hal-hal yang menurut saya tidak logis ingin dimuntahkan. Tapi daripada saya dipenjara gara2 pencemaran nama baik? mending saya cerita ke temen2 deket saya aja, di blog terlalu riskan kali ya :).

Yang pasti, saya jadi makin semangat untuk bisa suatu hari masuk ke lingkup birokrasi negara ini, biar saya bisa membenahi wilayah yang bisa saya 'sentuh', dan menyentil orang-orang lain agar membenahi wilayah yang tidak bisa saya 'sentuh'. Semoga sampai suatu saat itu tiba, otak saya masih waras, masih idealis, masih berjiwa muda, dan masih ikhlas untuk memajukan kepentingan umum daripada kepentigan pribadi/partai, hahahaha. PPKN banget ya, tapi udah ga banyak loh bapak2 birokrat di atas yang menerapkan ini.

Cheers!

1 comment:

  1. Kelihatannya u tuk yg air seni ini, kudu bawa dari rumah di pagi harinya:-) Bungkus plastik tebel.
    Jd ga perlu ke toilet. Jahahaha.
    Hidup yg keras kudu bs lihai

    ReplyDelete

Feel free to put on your thoughts about my writings :)