Thursday, October 11, 2012

Kegalauan Karir


kalo orang-orang galau tentang cinta, saya galau tentang karir.

beberapa hari yang lalu, ada sejumlah temen seangkatan saya yang dihubungi sama Exxon untuk diajak interview kerja. Mupeng abiiiisss. hiksss......teman2 saya itu adalah top-top IPK di angkatan saya. Ga heran sih, secara Exxon kan 1st leading oil and gas company.

Saya, yang notabene IPK nya biasa banget jadi super galau tentang masa depan. saya udah memutuskan untuk kerja dulu setelah jadi sarjana. Tapi kerja dimana? itu susah banget ditebak.

Kata orang, ikuti minat. kalo minat disamakan dengan hobi. Saya juga ga bisa menjustifikasi suatu hal yang bisa saya sebut hobi favorit saya. tapi kalo ditanya, saya akan dengan tegas menjawab kalo ngerancang pabrik bukanlah hobi saya.

Kata orang, liat yang gajinya gede. Kalo gaji gede, umumnya mesti kerja di oil and gas company / service. Tapi saya masih agak khawatir juga kalo mesti ditempatkan di tengah laut atau di hutan rimba.

Kata orang, cari yang kerjanya nyantai. Kerjaan yang nyantai biasanya penghasilannya biasa aja, cenderung kecil malah. Mengingat kalo pas kerja saya juga mesti membiayai kedua orang tua saya dengan (pengennya) tetap bisa membahagiakan diri sendiri dengan penghasilan, rasanya saya mesti mikir dua kali untuk milih kerja yang santai.

Kata orang, pilih wirausaha, biar ga tergantung sama perusahaan. Hem, saya masih terlalu pengecut untuk menjadi seorang wirausahawati yang fresh graduate. Ini berdasarkan orang tua yang kurang merestui, dan sepertinya darah wirausahawan belum pernah ada di keluarga saya. Selain itu, mau dapat modal dari mana? hahaha.

Kata orang...kata orang...kata orang. Begitu banyak kata orang. Saya sampe bingung mana yang benar-benar menyarankan, mana yang sekedar membuat galau. Sampai sekarang saya masih bingung menentukan mau dibawa kemana masa depan ini. Pernah saking stressnya, saya becanda sama temen saya untuk banting stir buka warung makan aja. hahaha. Kacau sih ini.

Saya masih galau. Saya butuh masukan dari berbagai orang. The more the better. So may you give me views about careers?

No comments:

Post a Comment

Feel free to put on your thoughts about my writings :)