Thursday, June 16, 2011

Internship: Day 2

Oke hari ini gue diajak sama bu Yus ke Lapangan. Lapangan means pabrik. Gue dibawa ke plant ASP 4. ASP 4 nya sendiri tuh belum jadi, melainkan masih dipasang-pasang, dirakit-rakit dan belum beroperasi sama sekali. Bahkan atapnya aja masih berupa rangka-rangka gitu aja (belum jadi atap beneran). Jadi otomatis belum bisa disebut sebagai plant. Untuk pertama kalinya seumur-umur saya ngeliat kompressor yang gede. Selama ini kompressor yang saya liat gedenya paling cuma selutut lebih dikit, buat kompressor pompa ban mobil punya tukang tambal ban :p
Terus gue ditunjukin yang mana yang nitrogen column, yang mana yang oxygen column, refrigerator (coolbox), compressor, turbin buat ekspansi, molecular sieves, dan beragam valves serta pipa. (eneg dengernya? Well, itu sumber duit saya di masa depan). Saya pun nanya-nanya ke si bu Yus tentang ini itu. Karena sebenarnya pemisahan gas itu baru di pelajarin di sistem utilitas di semester 5 (yang artinya gue belom dapet dan belum ngerti sama sekali, hahaha poor me ), gue jadi nanya banyak banget ke si ibu yus, yang jadi bingung sendiri (entah bingung gara-gara ga tau apa jawabannya atau bingung gara-gara kok ada anak ITB se-bego gue, hahhaha). Akhirnya setelah ngejelasin ini itu, beliau minta gue untuk nanya-nanya lebih lanjut ke bapak-bapak yang ada di sana aja. Siapa takut? *pamerin otot*
Dengan muka badak dan pura-pura polos gue asal nanya aja. Yang awal-awal gue tanya hádala: yang mana tangki nitrogen, yang mana tangki oksigen? Jawaban si bapaknya agak aneh, karena belum di-label-in, belum tau yang mana. Err, bagi saya itu agak absurd. Pas saya tengaktengok spec nya, ternyata kedua kapsul mahabesar itu emang sama persis, dan bisa dipake buat argon, oksigen, dan nitrogen, tergantung nanti dari settingannya. settingan maca mapa? Hem jadi gini *sok enjiner*, kan di dalem kapsul itu sebenernya terdapat evaporator dan heat exchanger. Naahhhh, si evaporator dan heat exchanger itulah yang diatur-atur. Kalo ngatur evaporator misalnya, beda antara nitrogen dan oksigen dalam suhunya (kan suhu oksigen dan nitrogen kalo mendidih kan beda, hehe). Nah si kedua column ini kerjanya paralel, barengan, berdasarkan kesetimbangan fasa (tiba-tiba inget pelajaran termonya pak Herri dimana Ptot = Xa.Pa sat + Xb.Pb sat, Ya = Xa.Pa sat / P tot). Makin bingung? Heah, entar deh penjelasannya dibawah ya *kalo inget*.
Selanjutnya yang gue tanya adalah tentang kenapa molécular sieves ada 2, kenapa ga 1 aja. Udah gitu, meskipun dua, kenapa kerjanya mesti gantian. Otak gamau ruginya gue tiba-tiba mengatakan itu adalah suatu pemborosan. Tapi ternyata saya salah. Huhahahahaa. Tujuan dibuat dua adalah biar absorben didalam molecular sieves itu bisa ada waktu untuk melakukan regenerasi. Nah lo apa itu absorben dan regenerasi? Hem, jadi di dalam kapsul molecular sieve masing-masing terdapat sejenis gel yang terbuat dari alumina. Apa itu alumina? Aduh, gue ga gitu inget, itu pelajaran kinetika katalisis (yang secara ajaib bisa dapet AB), pokonya alumina itu sejenis nikel dicampur-campur dengan yang lainnya. Biasanya alumina adalah bahan yang paling lazim dijadikan penyangga katalis, baru kali ini tau ternyata alumina bisa dijadiin absorben. Warna alumina itu putih kaya pasta gigi deh. Nah gel itu ada di dalam molecular sieve. Gel itulah yang nanti akan berperan untuk menyerap partikel-partikel selain nitrogen dan oksigen, yang dominannya adalah CO2, biar nanti pas masuk ke dalam nitrogen dan oxgen column si pengganggu ini ga merusak flow, hahahaa. Tapi kalo gel itu dipake nonstop, akan terjadi penurunan performa pada absorben, nanti kalau terjdi penurunan performa, bisa-bisa akan ada CO2 yang lolos, dan itu bahaya. Makanya sieve nya harus didiemin dulu (kalo di spec sih selama 3 jam) dan di re-aktivasi gel nya dengan menggunakan waste gas (entah gimana mekanismenya, mungkin gue harus tanya-tanya lagi), baru abis itu performanya bakal balik dan akan dipake seperti biasa.
Trus apa lagi ya yang gue tanya? Hem, abis itu gue Cuma jalan-jalan aja keliling plant, dan akhirnya malah ngobrol sama mandor yang dikontrakin bikini trafo house dan atap untuk plant tsb. Malah ngobrol ngalor ngidul ngomongin suku batak vs komering (ini apa deh hahaha). Itu gue lakukan karena gue ditinggal sendirian di plant sama si Bu Yus. SENDIRIAN, sodara-sodara! Gue yang imut pendek dan gendut ini satu-satunya cewek di plant itu (err gue baru sadar pas nulis ini). Buat ngilangin rasa takut ya udah gue cuek aja sambil nanya-nanya ke bapak mandor yang masih semangat nyeritain tentang sukunya (suku komering)
Gue: pak, pak. Bu Yus mana ya?
Pak mandor: hah? Pak yus? (oke gue maklum, kondisinya berisik, pabrik gitu loch)
Gue: bukan paaak. Tapi BU YUS *kali ini pake teriak*
Pak mandor: ooo bu yus
Gue: kemana ya pak? Tadi sama saya kok skrg gak keliatan?
Pak mandor: wah, udah pulang *sambil nyeruput kopi*
*JEGERR*
Pak mandor: eh tapi ntar balik lagi kok, katanya lagi ke gudang
Gue: pfiuuuhh.
Ga lama kemudian si bu yus dateng dan akhirnya dengan senang hati (karena emang udah kepanasan kepanggang 1 jam) kami pulang ke kantor yang adem 

No comments:

Post a Comment

Feel free to put on your thoughts about my writings :)