Monday, September 13, 2010

Freeport Thingy Part 1: Brainstorm

Sabtu kemarin waktu WM LPMI saya dan yang lain berdiskusi ttg peran teknokrat kristen dalam industri di Indonesia (silakan liat notes bang Lius Daniel untuk lebih jelasnya). Nah, disana ga sengaja pas bang David menyinggung tentang freeport, saya tiba-tiba ingat hasil tanya-jawab saya dengan perwakilan dari american embassy waktu saya mengikuti Indonesian Youth Conference (IYC).

Ceritanya, saat itu waktu saya mengikuti IYC, saya pernah ditanya oleh seorang panitia, waktu lagi coffee break. FYI, panitia ini adalah seorang anak HI, ilmu sosial, yang awam banget masalah IPA2an
Panitia: kenapa sih kamu, anak teknik, kok ikutan IYC? kebanyakan anak sosial loh yg ikutan, dan topik yang dibahas juga ttg ilmu2 sosial.
saya: saya emang anak teknik, tapi jujur aja saya ga gitu suka ilmu pasti, fisika apalagi
panitia: lah kenapa teknik? teknik kimia lagi
saya: saya ga suka, tapi gimana dong, cita2 saya waktu SMA mengharuskan saya sekolah teknik dulu sbg basic education
panitia: emang cita2 kamu apa/
saya: bikin perusahaan tambang, saya pengen ngusir freeport dan take over daerah pertambangan mereka di indonesia. At least, saya pengen berperan menjadi salah satu orang yang bisa menghentikan kontrak freeport-indonesia
panitia: hah? kenapa?
saya: kamu tau kan kalo freeport itu skali kontrak, waktunya 50 tahun?
panitia: iya
saya: nah, itu ngerugiin banget tau. dan yang paling parah, kamu tau ga freeport ngambil/nambang apa di indonesia?
panitia: setau saya sih tembaga
saya: iya, emang tembaga. dan mereka membayar pajak kepada negara atas tembaga yang mereka ambil
panitia: trus masalahnya dimana?
saya: masalahnyaa...gini nih, dulu saya waktu SMA, ga pernah suka dengan kimia, sampai guru kimia kelas 2 saya bilang, "di Indonesia, sangat sedikit orang-orang yang pintar kimia yang bisa jadi pemimpin di pemerintahan. Buktinya, sampai sekarang belum ada yang protes kalau pajak yang diberikan freeport ke indonesia masih sangat kurang. kalian tau tidak, tidak ada tembaga di dalam bumi yang beriri sendiri. Tembaga akan berikatan dengan pengotornya. Pengotornya adalah...emas. Yang namanya bijih tembaga, antara pengotor dan tembaganya sendiri, lebih banyak pengotornya. bisa jadi 1:9. Itu artinya, kita sudah sangat rugi. justru di sektor yang lebih berharga kita kasih cuma-cuma.
panitia: wah, saya baru tau.
saya: nah makanya, kalo saya sendiri ga nguasain ilmu teknik kimia, gimana saya bisa buat pabrik? gimana saya bisa protes ke pemerintah untuk menghentikan kontrak? kalo mslh ilmu sosial, saya bakal ambil dari kehidupan aja, syukur2 bisa pas S2 deh
panitia: ooo...iya juga ya. eh ntar kan ada american embassy, ngobrol aja tentang hal ini. Ini kan IYC, let your voice heard!
saya: hmmm...mudah2an ya.

Bersambung ke Freepot Thingy Part 2: conversation

No comments:

Post a Comment

Feel free to put on your thoughts about my writings :)