Tuesday, July 02, 2013

Healthy lifestyle starts now!

Menyadari usia saya yang udah 22 (eugh, tua ya heuheu), saya mulai concern sama kesehatan saya. Dalam suatu bacaan, saya menemukan info bahwa seorang wanita akan kehilangan paling tidak 30% dari massa ototnya sejak usia 30 th. kehilangan massa otot ini akan berakibat besar dengan semakin mudahnya tubuh menggendut. Mengapa? Karena kalori berlebih dari makanan nantinya akan lebih banyak disimpan di jaringan lemak daripada di jaringan otot yang semakin berkurang seiring dengan bertambahnya usia.

Wow, fakta itu mengejutkan saya. Karena itu, saya sekarang mulai concern dengan kondisi fisik saya. Saya punya 8 tahun lagi untuk menambah massa otot dan memangkas massa lemak. Saya pun memutuskan untuk memulai gaya hidup sehat dari sekarang juga.

Gaya hidup sehat saya mulai dengan cara memilah jenis makanan yang saya konsumsi. Jika memasak sendiri, saya berhenti menggunakan minyak kelapa sawit, mentega, garam, dan penyedap. Saya memilih menggunakan olive oil dan seasoning se-natural mungkin (karena katanya kadar sodium yang tinggi dalam tubuh bisa memacu obesitas loh). Saya menghentikan kebiasaan makan-makanan yang digoreng. Saya yang dulunya sangat doyan makan mie ayam dan nasi goreng, mulai membatasi diri mengkonsumsi karbohidrat. Saya memperbanyak mengkonsumsi sayuran dan protein. Teh hijau selalu menjadi minuman sehari-hari saya.

Selain makanan, saya juga mengusahakan berolahraga paling tidak 3 kali seminggu. Olahraganya bervariasi, tergantung mood saya..bisa renang, jogging, atau fitness.

Saat ini saya masih baru menjalankan niat saya ini. Semoga bisa terus bertahan dan meningkat ya. Hehe.

No comments:

Post a Comment

Feel free to put on your thoughts about my writings :)