Monday, November 22, 2010

saya dan kamu tidak selalu bisa menjadi kita

merasa sendiri di tengah keramaian
merasa dimusuhi ditengah orang-orang yang kupanggil teman
merasa dibohongi diantara seruan kekompakan

maaf ya, tapi saya lebih sering merasa seperti itu daripada nyaman
dalam suatu komunitas baru saya, yang tidak perlu saya sebut namanya disini

saya mengagumi dan menghargai betul organisasi itu
saya rela diberi tugas jika memang saya mampu
saya mau diberi pelatihan, pelajaran atau info apapun
asalkan
.............saya ingin satu hal saja..........
saya boleh merasakan kenyamanan berada di sana

kalau saya diminta mendeskripsikan organisasi yang baru melantik saya ini
yang muncul kok justru yang tidak begitu manis
yang muncul:
-dimana-mana persaingan
-dimana-mana senggol bacok
-semua ambisius
-semua berorientasi nilai
-ga nyantai
padahal saya pengen bisa pamer begini ke teman2 di organisasi lain:
"di tempat gue oke loh, kita solid banget"
saya tetep bisa pamer sih, tapi pamernya:
"ini loh di tempat gue, cumlaudenya 40"
dan menurut saya itu ga asik sama sekali.

kata beberapa senior yang mendengar keluhan saya menasihati saya dengan nasihat yang kurang lebih selalu sama dan (menurut saya) engga solutif
seperti:

"persaingan itu wajar, kamu nanti di dunia kerja akan mengalami persaingan yang lebih keras, jadi ya gapapa toh dimulai dari sekarang"
Persaingan sih persaingan, tapi mahasiswa itu harus dilatih rasa tenggang rasanya. kami ini calon pemimpin bangsa, kalo saingan mulu dan ga pernah dilatih kepeduliannya, saya takut saya akan tumbuh menjadi pribadi yang egois dan berorientasi melulu profit

"udah biasa kali, udah lumrah, emang seharusnya begitu. entar lama-lama kamu juga terbiasa."
kenapa sih habit ini dianggap baik? ada kok organisasi lain yang sama oke kualitasnya tapi mereka ga segitu ngototnya dalam gede-gedean nilai. Belajar itu mestinya dinikmati kan? bukan jadi momok kan? kita ga perlu nge-backstab temen untuk ngedapetin sesuatu kan?

yaah.....
mungkin pemikiran saya aja yang memang 'nyeleneh' dibandingkan yang lain
mungkin saya memang lebih nyantai dibanding yang lain
mungkin saya yang salah tafsir
....................
saya betul2 berharap saya salah
supaya lebih gampang memperbaikinya.

ini sudah hampir 6 bulan, dan belum ada sedikitpun passion bagi saya untuk berkontribusi disana
semua hanya rutinitas, perintah, rasa kewajiban bercampur iba
bagaimana ini? masih akan 2,5 tahun lagi?

lagi2 saya berdoa semoga saya salah menilai.

1 comment:

  1. semangat ya.
    lakuin aja yang menurut kamu benar. smoga nantinya ada perubahan. hehe

    ReplyDelete

Feel free to put on your thoughts about my writings :)